Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan turun saat pekerjaan pengaspalan! Apa yang dilakukan?

 

Salah satu persyaratan kondisi kerja dalam pelaksanaan pekerjaan pengaspalan adalah tidak dalam keadaan turun hujan. Namun apa yang harus dilakukan ketika hujan turun secara tiba tiba saat pekerjaan pengaspalan sedang berlangsung?

Yang harus dilakukan adalah berhenti sementara. Hentikan pelaksanaan pekerjaan hingga cuaca kembali membaik. Setelah hujan berhenti, Permukaan jalan yang akan dilakukan penghamparan aspal harus dikeringkan menggunakan kompresor. Setelah permukaan mengering, pekerjaan penghamparan aspal dapat dilanjutkan kembali.

Bagaimana jika hujan semakin deras dan tidak kunjung berhenti dalam waktu yang lama?

Ini adalah kondisi yang sulit, Jika dilanjutkan maka pelaksaan pekerjaan pengaspalan tidak sesuai dengan persyaratan dan akan secara otomatis berakibat pada berkurangnya mutu pekerjaan. 

Jika diberhentikan total, maka kontraktor atau penyedia jasa konstruksi akan mengalami kerugian yang besar Karena adanya campuran aspal yang tidak terhampar. Untuk itulah kondisi cuaca sebelum memulai pekerjaan perlu diperhatikan dengan seksama. 

Diperlukan keterampilan dalam menilai kondisi angin, udara, dan awan di lokasi kerja. Mangkanya mandor dengan keahlian tambahan sebagai pawang hujan lebih disukai.

Posting Komentar untuk "Hujan turun saat pekerjaan pengaspalan! Apa yang dilakukan?"