Home » , » ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG

ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG

Melanjutkan artikel terdahulu yang membahas mengenai alat alat berat yang sering digunakan pada pekerjaan jalan, pada kesempatan kali ini kumpulengineer akan membahas mengenai alat alat berat yang sering digunakan pada pekerjaan pembangunan gedung.

Berdasarkan fungsinya alat berat yang digunakan pada pembangunan gedung secara garis besar meliputi alat penggali, alat pemancangan, alat produksi beton, dan alat pengangkut.
  • Alat penggali
Jenis alat penggali yang sering digunakan pada pekerjaan gedung adalah backhoe Loader dan excavator. Alat tersebut digunakan untuk membuat galian pondasi atau galian untuk pembuatan basement.
ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG
Backhoe Loader
  • Alat pemancangangan atau pile driving
Pada bangunan yang menggunakan pondasi tiang pancang maka alat pancang tentu sangat diperlukan. Alat pancang ini terdapat berbagai jenis, diantaranya drop hammer, diesel hammer, hydraulic hammer, dan vibratory pile driver
  • Alat Produksi beton
Beton dapat dikatakan sebagai material utama dari pembangunan sebuah gedung. Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya diperlukan beberapa peralatan untuk membuat campuran beton. Jika volume beton yang diperlukan tidak terlalu besar maka campuran beton dapat dibuat dengan menggunakan alat pencampur sederhana seperti concrete mixer atau mesin molen. Untuk mengetahui besarnya kapasitas produksi concrete mixer  silahkan kunjungi Kapasitas Produksi concrete mixer dan kelebihan penggunaanya.

Sedangkan pada pekerjaan dengan volume beton yang besar maka diperlukan alat produksi beton ready mix atau batching plant.

Selain alat alat yang telah kami sebutkan diatas masih ada lagi alat berat yang digunakan untuk membantu proses pengecoran yaitu concrete pump. Concrete pump adalah alat yang berfungsi untuk memompa campuran beton dan menuangkannya pada lokasi yang telah ditentukan.

ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG
Concrete pump
  • Alat pengangkut
Alat alat yang digunakan sebagai alat angkut pada pekerjaan gedung dapat dibagi menjadi dua kategori sesuai dengan arah pengangkutannya. Yaitu alat angkut horizontal dan alat angkut vertikal.

Alat angkut horizontal adalah alat angkut untuk memindahkan sesuatu secara horizontal misalnya dump truck, plat bed truck, truck mixer dan juga forklift.

ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG
Truck Mixer dan Forklift
Sedangkan alat angkut vertikal yang sering digunakan pada pekerjaan gedung adalah crawler crane dan tower crane.
ALAT ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN GEDUNG
crawler crane
Demikianlah beberapa jenis alat berat yang sering digunakan pada pekerjaan pembangunan gedung. alat alat yang telah kami sebutkan tersebut bukan berarti harus ada secara keseluruhan. Pemilihan alat berat pada pekerjaan konstruksi tetaplah harus sesuai dengan kebutuhannya.

0 komentar: