Home » , , » PEKERJAAN PASANGAN BATU DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN

PEKERJAAN PASANGAN BATU DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN

Pasangan batu adalah susunan batu yang diantaranya diisi dengan bahan adukan semen atau mortar sebagai bahan pengikatnya.

Pasangan batu seringkali digunakan untuk membuat konstruksi dinding penahan tanah (gravity wall), dan juga untuk membuat pondasi bangunan atau rumah (biasanya dikenal dengan istilah pondasi menerus), hal ini dikarenakan kemampuan konstruksi pasangan batu dalam menahan beban yang cukup besar.

dinding penahan tanah, dpt, oprit jembatan pasangan batu
Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan batu

Pada pelaksanaannya, pelaksanaan pekerjaan pasangan batu tergolong pekerjaan yang mudah sehingga tidak memerlukan tukang ahli untuk mengerjakannya. Selain mudah untuk dikerjakan, konstruksi dari pasangan batu juga dianggap relatif lebih murah dibandingkan dengan material konstruksi lainnya. Kedua hal inilah yang menjadi keuntungan utama dari pasangan batu.

BAHAN PASANGAN BATU

Bahan utama yang digunakan pada konstruksi dari pasangan batu adalah batu dan bahan adukan semen atau mortar.

Untuk batu yang digunakan  tidak ada persyaratan khusus, entah itu batu kali, batu belah atau batu gunung, maupun batuan jenis lainnya asalkan batu tersebut tergolong batuan keras, maka batu tersebut dapat digunakan. Namun perlu diingat jangan menggunakan batu akik untuk membuat pasangan batu.  pasangan batu dijamin tidak akan awet karena Begitu selesai dipasang akan langsung diambil oleh para pemburu batu akik. :)

Selain batu, bahan yang digunakan adalah adukan semen atau mortar yang terbuat dari campuran Pasir, semen dan air secukupnya.

Adukan semen sebaiknya disiapkan / dicampurkan dalam wadah khusus untuk menjaga agar tidak tercampur dengan material lain yang dapat mengganggu atau mengurangi kualitas dari campuran. Selain menggunakan wadah khusus, pembuatan adukan semen atau mortar juga dapat dilakukan dengan menggunakan mesin molen atau concrete mixer.

Apabila tidak ada ditentukan secara khusus, berdasarkan persyaratan adukan semen untuk pasangan harus mempunyai kuat tekan paling sedikit 50 kg/cm2 (5 Mpa).

Demikianlah sekilas mengenai pasangan batu dan beberapa persyaratan untuk bahan pembuatnya. Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, saran, atau bahkan ada informasi lain yang ingin anda berikan atau bagikan kepada kami. Jangan ragu untuk menghubungi kami, baik melalui form komentar yang tersedia maupun melalui contact us

Terima kasih , semoga bermanfaat..

2 komentar:

abu maman mengatakan...

kak ada contoh rab menghitung volume drainase

fakhli mengatakan...

untuk contoh perhitungan volume drainase anda dapat melihatnya di artikel kami yang berjudul cara menghitung volume pekerjaan drainase. anda dapat menemukan artikel tersebut melalui kotak pencarian yang tersedia di kumpulengineer dengan memasukkan kata kunci sesuai judul artikel tersebut atau anda juga dapat menemukan artikel tersebut pada label drainase. terima kasih