Home » , » JENIS BAHAN MATERIAL UNTUK DINDING BANGUNAN

JENIS BAHAN MATERIAL UNTUK DINDING BANGUNAN

Dinding adalah bagian dari suatu bangunan atau rumah atau konstruksi lainnya yang berfungsi untuk memisahkan antara bagian dalam dan bagian luar, melindungi dari cuaca luar, keamanan, serta untuk melindungi dari gangguan lainnya.

Ada banyak bahan atau material yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat dinding. Mulai dari bahan yang diproduksi secara tradisional hingga menggunakan teknologi yang canggih. Oleh karena itu pada kesempatan ini, kumpulengineer akan sedikit membahas mengenai jenis jenis bahan penutup dinding atau bahan yang digunakan untuk membuat dinding.

Bahan atau material yang digunakan untuk membuat dinding rumah atau bangunan lainnya yang sering digunakan antara lain:
  • Kayu atau papan
Papan dari kayu masih sering digunakan untuk dinding bangunan atau rumah sederhana karena memiliki beberapa Keunggulan. diantaranya, Ringan, murah, dan juga sangat cocok untuk daerah yang rawan gempa.

batu bata, bata merah, dinding bata, dinding bangunan
Dinding dengan bahan utama batu bata
  • Batako

Batako adalah bahan untuk membuat dinding yang berasal dari campuran pasir, semen portland, dan air yang dicetak dengan ukuran tertentu.

dinding batako, bataco, bata press, dinding bangunan, pembangunan dinding
Dinding Batako
  • Bata ringan
Bata ringan merupakan material dinding generasi baru yang memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahan penutup dinding pendahulunya. Jika dibandingkan dengan bata merah, bata ringan memiliki bentuk yang lebih presisi sedangkan jika dibandingkan dengan batako, bobot bata ringan yang lebih ringan tentu menjadi sebuah keunggulan.
  • Kalsiboard
Cepat dan mudah dalam pemasangannya merupakan alasan utama untuk memilih menggunakan kalsiboard sebagai bahan penutup dinding. Kalsiboard seringkali digunakan untuk membuat dinding pemisah atau partisi atau sekat pada suatu ruangan.
jika dilihat dari segi kekuatannya, dinding dari bahan kalsiboard jauh lebih rendah kekuatannya jika dibandingkan dengan material penyusun dinding lainnya seperti yang telah kumpulengineer sebutkan diatas.

Setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semua terserah anda, mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda. Jika anda mempunyai pendapat lain atau ada yang ingin anda sampaikan silahkan anda sampaikan melalui form komentar yang tersedia

0 komentar: