Home » , » Tips cara pengambilan fhoto proyek yang baik

Tips cara pengambilan fhoto proyek yang baik

Mengingat akan pentingnya dokumentasi fhoto pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan besarnya pengaruh cara pengambilan fhoto terhadap fhoto yang dihasilkan. Maka, Berikut ini kumpulengineer bagikan beberapa tips dalam pengambilan fhoto proyek agar fhoto yang dihasilkan maksimal, informatif, dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

  • Lakukan pengambilan fhoto dari sudut, arah, atau titik yang sama pada suatu pekerjaan.


Dengan begitu, fhoto yang dihasilkan dapat menggambarkan atau menunjukkan perkembangan pekerjaan tersebut dari waktu ke waktu pada lokasi yang sama. serta menunjukkan perbedaan antara kondisi awal dengan kondisi akhir setelah pekerjaan tersebut selesai dilaksanakan.

Perhatikan contoh fhoto proyek pembangunan jalan usaha tani berikut:
Jalan usaha tani, cara fhoto proyek, jalan, sawah


Pengambilan fhoto dilakukan beberapa kali mulai dari kondisi awal sebelum ada pekerjaan atau kondisi 0%, pada saat pelaksanaan atau kondisi 50%, hingga saat selesai pekerjaan atau kondisi 100%.

Dari background fhoto tersebut dapat kita lihat beberapa pohon  yang terlihat sama baik dari segi posisi maupun bentuknya. Hal ini menunjukkan bahwa Ketiga fhoto tersebut diambil dari titik yang sama atau lokasi yang sama.

  • Gunakan media informasi tambahan seperti papan tulis atau kertas karton untuk menambah informasi dalam fhoto


Informasi yang dapat anda sertakan antara lain seperti nama kegiatan atau nama paket pekerjaan, lokasi pekerjaan, jenis pekerjaan, maupun hal lainnya yang dirasa perlu untuk memberikan informasi tambahan pada fhoto yang dihasilkan.

Perhatikan juga komposisi objek saat melakukan pengambilan fhoto, jangan sampai karena terlalu fokus dengan papan informasi sehingga pekerjaan yang seharusnya ditunjukkan malah jadi tidak terlihat. Seperti yang terlihat pada gambar berikut:

pekerjaan jalan, LPA, pondasi agregat, alat berat vibro, pemadatan lpa

Selain menggunakan papan informasi, saat ini di berbagai jenis kamera sudah banyak yang disertai menu untuk menampilkan waktu (jam, hari, tanggal) maupun lokasi (titik koordinat) saat melakukan pengambilan fhoto. Jika diperlukan anda juga dapat memanfaatkan menu ini.

  • Sebaiknya ambil fhoto dalam posisi landscape


Mengapa begitu?

Karena dengan posisi landscape, tangkapan visual akan menjadi lebih luas / lebar sehingga semakin banyak informasi yang dapat diterima. Selain itu, posisi fhoto dengan posisi landscape juga lebih ramah (lebih proporsional dan mudah diatur) jika ditampilkan dalam suatu dokumen maupun dalam sebuah presentasi. Dan saran terakhir dari kumpulengineer adalah:

  • Gunakan peralatan yang memadai disertai teknik fotografi yang oke.


Jika anda tidak dapat melakukannya maka mungkin ada baiknya jika anda mempertimbangkan untuk menggunakan penyedia jasa dokumentasi untuk proyek yang terpercaya.

2 komentar:

Himawan sant mengatakan...

Iya ya jika pengambilan gambar suatu obyek dilakukan menggunakan beberapa kamera sekaligus, langsung bisa dapetin obyek gambar terbaik.
Wah kalau metode ini diterapkan untuk foto2 travelling keren juga hasilnya :)

fakhli bisa mengatakan...

wah.. ada masternya jalan jalan :).. klo buat travelling dikasih model cewek aja mas pasti cantik he..