Home » , » Kemampuan yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Sipil Agar Unggul Dalam Persaingan Melamar Pekerjaan

Kemampuan yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Sipil Agar Unggul Dalam Persaingan Melamar Pekerjaan

Memiliki kemampuan atau skill tertentu dapat memberikan keuntungan tersendiri dalam menghadapi persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Begitu pula bagi para lulusan teknik sipil. meski peluang kerja teknik sipil yang terbuka lebar tetap saja persaingan untuk mendapatkannya tidak dapat dihindari.

Bagi kalian para mahasiswa atau mahasiswi teknik yang kebetulan berhadir membaca artikel kumpulengineer ini, saya secara pribadi mengajak kalian untuk sedikit memperhatikan teman kuliah anda. Dengan latar belakang pendidikan yang sama, kampus yang sama, diajar oleh dosen yang sama, suatu hari nanti tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi saingan anda dalam mendapatkan pekerjaan.
Kemampuan yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Sipil Agar Unggul Dalam Persaingan Melamar Pekerjaan

Lantas kemampuan atau skill apa yang sekarang anda miliki yang kiranya dapat membuat anda lebih unggul dalam persaingan? Membuat anda berbeda dengan teman satu angkatan anda?

Bagaimana? Apakah anda sudah dapat mengetahui dimana letak keunggulan anda?

Jika menurut anda saat ini kemampuan yang anda miliki tidak jauh berbeda dengan rekan rekan anda, mungkin inilah saatnya. Masih belum terlambat untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri. 

Berikut kumpulengineer rangkumkan beberapa kemampuan yang patut dikuasai agar meningkatkan daya saing anda kedepannya:

  • Public speaking

Percaya atau tidak. bagi masyarakat kita anak teknik dianggap lebih pendiam dibanding dengan yang lainnya. Dianggap lebih menyukai angka angka dibanding dengan kata kata.

Cobalah memperhatikan teman disekitar anda. Ada berapa banyak teman anda yang cukup mahir menjadi pembicara? Saya rasa tidak akan begitu banyak. Disinilah salah satu kesempatan anda untuk unggul !

kemampuan berbicara di depan umum serta memberikan paparan secara terstruktur merupakan salah satu kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, anda perlu untuk terus melatih dan meningkatkan kemampuan tersebut.

  • Kuasai bahasa asing

Kondisi pasar atau industri yang saat ini terbuka lebar membuat kemampuan dalam menggunakan bahasa asing turut diperhitungkan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan perusahaan memberikan persyaratan menguasai bahasa asing tertentu dalam merekrut karyawan mereka.

Bahasa asing yang banyak digunakan antara lain bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa jerman, dan juga bahasa mandarin.

Dengan menguasai bahasa asing hal ini akan menjadi keunggulan tersendiri bagi anda.

  • Kuasai software teknik

Keahlian dalam penggunaan software teknik sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Software teknik dapat mempermudah dan mempercepat proses perencanaan, membantu menganalisa struktur, membuat permodelan, melakukan manajemen proyek, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa jenis software teknik yang umum digunakan dalam dunia konstruksi:

Bidang Gambar Desain

Software yang banyak digunakan untuk membuat gambar desain 2D maupun 3D antara lain adalah Autocad, Sketch up, 3D Max, dan ArchiCAD.
Khusus untuk software Autocad, Saat ini sudah hampir wajib untuk dikuasai bagi lulusan teknik sipil. Karena penggunaannya yang sudah sangat umum dan diperlukan dalam semua bidang konstruksi.
Lihat juga: Situs Download Gambar Desain / Rencana 3D dan 2D terbaik

Bidang analis struktur

Software yang banyak digunakan untuk melakukan analisa atau perhitungan struktur antara lain adalah SAP2000, ETABS, dan STAADPRO.

Bidang analisis bangunan air

Dalam analisis bangunan air seperti bendungan dan waduk, salah satu software yang dapat diandalkan adalah software HEC-RAS.

Bidang Geoteknik

Dalam bidang Geoteknik, software yang banyak digunakan adalah Plaxis dan GeoStudio

Bidang Manajemen Proyek / Konstruksi

Software yang banyak digunakan dalam Manajemen proyek antara lain adalah Primavera dan Ms Project

Bidang Perpetaan

Sedangkan dalam bidang perpetaan, beberapa software yang dapat menjadi andalan antara lain adalah ArcGIS  dan Mapsource

Selain software-software yang kumpulengineer sebutkan di atas, masih banyak lagi software lainnya yang dapat mendukung pekerjaan dalam dunia konstruksi. Tidak perlu semua software anda kuasai silahkan anda pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap software pasti memiliki keunggulannya masing masing.

Demikianlah beberapa kemampuan yang harus dimiliki lulusan teknik sipil agar unggul dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.
Mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang baik, namun dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain tetap yang terbaik.

0 komentar: