Home » » Apa itu pondasi telapak beserta kelebihan dan kekurangannya

Apa itu pondasi telapak beserta kelebihan dan kekurangannya

Apa itu pondasi telapak? pondasi telapak atau yang biasa dikenal juga dengan pondasi setempat adalah salah satu jenis pondasi dangkal yang bekerja menahan beban secara terpusat (dari kolom) sehingga penempatannya sama persis pada titik titik penempatan kolom bangunan. Pondasi telapak (foot plate) terbuat dari beton bertulang dengan bentuk pelat persegi empat atau persegi panjang.

Pondasi telapak, pondasi tapak, pondasi setempat

Pondasi telapak/tapak  banyak digunakan untuk pondasi rumah dan juga bangunan bertingkat seperti ruko (rumah toko) atau bangunan lainnya hingga ketinggian tiga lantai. Dengan daya dukung tanah yang cukup baik tentunya.

Dalam penentuan dimensi atau ukuran dari pondasi tapak harus berdasarkan analisa atau perhitungan struktur. Perhitungan dilakukan dengan mempertimbangkan pembebanan dan juga daya dukung tanah di bawahnya. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan pondasi tersebut mampu menahan beban bangunan di atasnya.

Jika anda tertarik untuk mengetahui cara perhitungan untuk perencanaan pondasi telapak dapat anda lihat di blog.nobelconsultant atau download langsung contoh perhitungannya.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan pondasi telapak

Setiap jenis pondasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. begitu pula dengan pondasi telapak atau pondasi setempat ini.

Kelebihan penggunaan pondasi telapak  diantaranya adalah sebagai berikut: 
  • Harga relatif murah
  • Daya dukung pondasi cukup besar.
  • Dapat dikombinasikan dengan pondasi jenis lain untuk meningkatkan daya dukungnya. Misalnya dengan pondasi menerus dari pasangan batu atau dengan tiang pancang.

Selain memiliki kelebihan kelebihan tersebut, penggunaan pondasi telapak juga memiliki beberapa kekurangan. diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Diperlukan manajemen waktu yang baik dalam pelaksanaannya. mengingat beton memerlukan waktu untuk pengerasan dan juga terdapat pekerjaan pekerjaan lain yang diperlukan sebelum pondasi telapak dapat dicor
  • Pelaksanaannya cukup rumit karena banyaknya item pekerjaan yang harus dilakukan apalagi jika pembuatan pondasi dilakukan didaerah dengan muka air tanah yang dangkal

0 komentar: