Cara menghitung volume galian struktur untuk fondasi setempat

Galian struktur adalah pekerjaan galian pada segala jenis tanah dalam batas pekerjaan yang disebutkan atau ditunjukkan pada gambar rencana untuk suatu struktur. contoh pekerjaan galian yang termasuk galian struktur diantaranya adalah galian pada pembuatan abutment atau fondasi jembatan, tembok penahan tanah dari beton, dan galian pada fondasi setempat.

Cara menghitung volume galian struktur untuk fondasi setempat (telapak)

Sebagai contoh untuk menghitung volume galian struktur untuk fondasi setempat atau telapak silahkan anda perhatikan gambar berikut:
gambar rencana fondasi, fondasi setempat ,pondasi telapak, tapak
Dari gambar denah tersebut dapat kita ketahui:
Terdapat dua tipe atau ukuran pondasi setempat yang diberi tanda/kode P1 dan P2. Sebagai contoh perhitungan kali ini kita akan menghitung volume galian untuk pondasi setempat P2 pada bangunan tersebut yang berjumlah 12 titik.
detail pondasi tapak, telapak, pondasi setempat,
Gambar Detail fondasi
Sedangkan dari gambar detail fondasi di atas dapat kita ketahui ukuran dari pelat fondasinya adalah 1 meter x 1 meter. Dan kedalaman fondasi dari permukaan tanah adalah 1,15 meter. kita asumsikan bangunan tersebut di bangun di daerah dengan permukaan tanah yang relatif datar sehingga kedalaman galian untuk setiap titik fondasinya adalah sama. Maka volume galian struktur untuk fondasi bangunan tersebut adalah:

Volume galian struktur = Luas pelat pondasi x kedalaman pondasi x jumlah titik pondasi
Volume galian struktur = ( 1 m x 1 m) x 1,15 m x 12 titik
Volume galian struktur = 1 x 1,15 x 12
Volume galian struktur = 13,8 m3

Dari hasil perhitungan tersebut dapat kita ketahui volume galian struktur untuk fondasi setempat tipe 2 adalah 13,8 m3 (meter kubik). untuk menghitung volume galian struktur keseluruhan maka anda dapat mengulangi langkah diatas untuk menghitung pondasi tipe lainnya (tipe 1). kemudian menjumlahkan volume keduanya. 

Tidak ada komentar untuk "Cara menghitung volume galian struktur untuk fondasi setempat"

Berlangganan via Email