Home » , , » jenis jenis alat pelindung diri atau APD berdasarkan fungsinya

jenis jenis alat pelindung diri atau APD berdasarkan fungsinya

Alat pelindung diri atau yang biasa disingkat dengan APD adalah suatu alat yang berfungsi untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuh pemakainya dari segala potensi bahaya. Alat pelindung diri sangat beragam jenis dan fungsinya sehingga penggunaanya perlu disesuaikan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada.

Berdasarkan fungsinya, APD atau alat pelindung diri dibagi menjadi beberapa jenis. Yaitu:

APD, helm proyek, sepatu safety, k3, alat keselamatan

  • Alat pelindung kepala

Alat pelindung kepala adalah alat yang berfungsi untuk melindungi bagian kepala dari benturan dan kejatuhan suatu benda. contohnya adalah helm pengaman (Safety helmet). helm pengaman digunakan hampir di semua jenis pembangunan konstruksi. entah itu pekerjaan jalan, jembatan, gedung, maupun bangunan lainnya.

  • Alat pelindung tangan

Alat pelindung tangan adalah alat yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari-jari dari panas maupun luka. Contohnya adalah sarung tangan.
sarung tangan dapat terbuat dari berbagai bahan. mulai dari kulit,karet, kain, maupun bahan lainnya. sarung tangan kulit seringkali digunakan untuk melindungi tangan dari panas misalnya pada pekerjaan pengelasan. sedangkan sarung tangan dengan bahan kain selain untuk melindungi tangan dari tergores atau lecet. penggunaannya juga dimaksudkan agar dapat memegang suatu benda dengan erat.

  • Alat pelindung kaki

Alat pelindung kaki berfungsi untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda benda berat dan tertusuk benda tajam. contohnya adalah sepatu keselamatan (safety shoes). penggunaannya hampir pada seluruh pekerjaan sama halnya dengan helm pengaman.

  • Alat pelindung mata dan muka

Alat pelindung mata dan muka adalah alat yang berfungsi untuk melindungi mata dan atau muka dari percikan benda benda atau partikel partikel yang melayang di udara, pancaran cahaya, maupun bahaya lainnya. Contohnya adalah goggles dan tameng muka (face shield).

  • Alat pelindung telinga

Alat pelindung telinga atau alat pelindung pendengaran adalah alat yang berfungsi untuk melindungi alat pendengaran dari kebisingan atau suara yang sangat keras. contohnya adalah penutup telinga dan penyumbat telinga (ear plug). alat ini biasanya digunakan saat melakukan pekerjaan di dekat sumber kebisingan

  • Alat pelindung pernapasan

Alat pelindung pernapasan adalah alat yang berfungsi melindungi organ pernapasan dari debu, asap, gas, atau lainnya dengan cara menyaring udara yang masuk. Contohnya adalah masker.
Dalam pekerjaan konstruksi, masker sebaiknya digunakan pada pekerjaan pengecatan, pembongkaran beton, dan pada pekerjaan lainnya yang berisiko terhadap kesehatan pernapasan.

  • Alat pelindung jatuh perorangan

Alat pelindung jatuh adalah alat yang berfungsi untuk membatasi pekerja pada tempat tempat yang berpotensi jatuh dan untuk menahan atau menjaga pekerja tidak jatuh hingga membentur lantai. salah satu contoh dari alat pelindung jatuh perorangan adalah body harness

  • Pelampung

Pelampung adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi pekerja yang berada di atas air atau di permukaan air agar tidak tenggelam. Contoh dari jenis pelampung adalah jaket keselamatan atau life jacket.

0 komentar: