Home » , » Kerusakan jalan akibat banjir

Kerusakan jalan akibat banjir

Banjir adalah salah satu bencana yang dapat merusak suatu konstruksi. Tidak terkecuali pada konstruksi jalan.

Berikut adalah foto jalan yang menghubungkan desa pampanan dengan kecamatan pugaan yang saya ambil senin kemaren. Ketinggian air mencapai 30 cm.

Kondisi jalan penghubung desa pampanan dengan kecamatan pugaan kabupaten tabalong yang terendam banjir beberapa hari yang lalu.


Jalan tersebut sudah terendam banjir sejak sabtu tanggal 8 kemaren. dan puncaknya terjadi hari minggu keesokannya. kendaraan bermotor tidak dapat melintas melalui jalan tersebut. 

Setelah terendam banjir selama lebih kurang 4 hari. hari ini banjir sudah mulai surut. Banyak kerusakan yang terjadi pada jalan tersebut. sebelumnya kerusakan tidak dapat terlihat karena tertutup air. 

Awalnya hanya berupa retakan retakan pada permukaan aspal. Akibat arus yang cukup deras, kerusakan jalan menjadi semakin parah. Permukaan aspal menjadi terkelupas.

Kerusakan jalan akibat banjir


Permukaan jalan beraspal terkelupas akibat derasnya arus


Kerusakan tidak hanya terjadi pada permukaan aspal. Pada bahu jalan juga. kondisi bahu jalan yang hanya terdiri dari perkerasan agregat tanpa penutup rusak terkikis derasnya arus saat itu.

Bahu jalan terkikis sehingga elevasinya jauh berada dibawah permukaan aspal. Hal ini dapat membahayakan bagi para pengguna jalan.


Kondisi jalan yang rusak mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat membahayakan bagi penggunanya. Semoga dapat dengan cepat ditangani. dilakukan patching dan juga perbaikan pada bahu jalan tersebut untuk menghindari adanya korban.

0 komentar: