Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara menghitung kebutuhan pasir, batu belah, semen untuk pekerjaan drainase

Pada postingan kali ini, Kumpulengineer kembali berupaya untuk memberikan jawaban terbaik atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada kami.

beberapa saat yang lalu pada artikel cara menghitung kebutuhan batu, semen, dan pasir untuk pekerjaan pasangan batu, Saudara AanFighting memberikan pertanyaan seperti ini:

"Saya mempunyai pekerjaan drainase, akan membuat drainase berbentuk trapesium dengan Panjang 230m, lebar masing-masing ruas kiri dan kanan 30cm, tinggi 1 meter. A. Berapakah kubikasi kebutuhan Pasir, batu belah, dan berapa zak semen. B. Jika saya menyelesaikan drainase 80m, berapa kubikasi yang saya peroleh?. Tks."

Kami ucapkan terima kasih kembali untuk saudara AanFighting, Untuk menjawab pertanyaan saudara dengan sangat terpaksa ada sebagian data data yang harus kami asumsikan sendiri. meskipun begitu kami berharap ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Contoh cara menghitung kebutuhan pasir, batu belah, semen untuk pekerjaan drainase

Sebelum kita menghitung kebutuhan bahan bahan yang diperlukan untuk membuat drainase, maka yang perlu kita lakukan adalah menghitung volume kubikasi dari pekerjaan tersebut. Volume pekerjaan drainase dapat kita hitung dengan cara mengkalikan luas penampang drainase dengan panjangnya. 

drainase trapesium pasangan batu

Untuk mempermudah menghitung luas penampang drainase di atas maka penampang tersebut kita bagi menjadi tiga bagian. Bagian dinding yang berbentuk trapesium (Bagian A dan Bagian B) dan juga bagian lantai yang berbentuk persegi panjang (Bagian C) . maka:

Luas Penampang = Luas trapesium A + Luas trapesium B + Luas persegi panjang C

Karena Luas A sama dengan Luas B, sehingga:

Luas Penampang = (2 x Luas trapesium A) + Luas persegi panjang C
Luas Penampang = ( 2 x ((0,3+0,4)/2 x 0,9))) + ( 0,1 x 1,1)
Luas Penampang = ( 2 x 0,315) + 0,11
Luas Penampang = 0,63 + 0,11
Luas Penampang = 0,74 m2

Jadi Luas penampang drainase tersebut adalah 0,74 m2. Selanjutnya kita hitung volume pekerjaan pasangan batu drainase tersebut dengan cara  cara mengkalikan luas penampang drainase dengan panjangnya.

Volume pasangan batu drainase = Luas Penampang x Panjang
Volume pasangan batu drainase = 0,74 x 230
Volume pasangan batu drainase = 170,2 m3

Setelah kita sudah mengetahui Volume pasangan batu untuk drainase tersebut adalah 170,2 m3, barulah kita dapat menghitung kebutuhan bahannya. Kebutuhan bahannya dapat kita hitung dengan mengkalikan volume pasangan batu dengan koefisien masing masing bahan.

kita asumsikan pekerjaan drainase tersebut menggunakan campuran 1 : 5, Sehingga volume kebutuhan masing masing bahan adalah:

Volume kebutuhan bahan = Volume pasangan batu x koefisien bahan

Volume kebutuhan pasir = 170,2 x 0,544 = 92,59 m3
Volume kebutuhan batu belah = 170,2 x 1,2 = 204,24 m3
Volume kebutuhan semen = 170,2 x 136 = 23.147,2 kg = 463 zak ( 1 zak 50 Kg)

Akhirnya pertanyaan, "A. Berapakah kubikasi kebutuhan Pasir, batu belah, dan berapa zak semen?" Sudah terjawab. Sekarang kita lanjut ke pertanyaan " B. Jika saya menyelesaikan drainase 80m, berapa kubikasi yang saya peroleh?"

Jawabannya adalah :

Volume pasangan batu drainase = Luas Penampang x Panjang
Volume pasangan batu drainase = 0,74 x 80
Volume pasangan batu drainase = 59,2 m3

Jadi volume kubikasi pekerjaan drainase yang telah selesai dikerjakan adalah 59,2 kubik. Dengan asumsi, apa yang dikerjakan sesuai dengan gambar rencana. Untuk hasil yang lebih akurat sebaiknya dilakukan opname terlebih dahulu.

Jika kita hitung berdasarkan panjang, maka proggres pekerjaan anda saat ini adalah 80/230 x 100% = 34,78 %. 
.

Posting Komentar untuk "cara menghitung kebutuhan pasir, batu belah, semen untuk pekerjaan drainase"