Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Theodolit modifikasi

theodolit digital topcon dt100 

Kalau diperhatikan lagi ada yang beda pada foto theodolit digital di atas. Coba anda perhatikan bagian atas theodolit tersebut. Pada bagian itu semestinya digunakan sebagai pegangan untuk mengangkat atau membawa alat tersebut,  namun telah dimodifikasi menjadi tempat untuk meletakkan kompas. 

Meski hanya menggunakan peralatan sederhana, berupa penggaris yang diberi lubang untuk pemasangan baut ditambah dengan kompas lama dari theodolit manual pendahulunya. Modifikasi ini cukup membantu di lapangan. Proses penyiapan alat sebelum digunakan menjadi lebih mudah dan sekaligus meminimalkan kesalahan dalam menentukan arah utara alat. 

Pada kondisi sebelum dilakukan modifikasi, kita harus benar benar menyejajarkan kompas dengan alat. karena kondisi kompas yang terpisah dengan alat, maka kita harus menggunakan kedua tangan untuk melakukan setting. Satu tangan memegang kompas, dan satu lagi untuk mengatur arah alat.

Selama melakukan setting tersebut, posisi tangan yang memegang kompas dapat berubah atau bergerak sewaktu-waktu sehingga dapat menimbulkan terjadinya ketidakakuratan dalam menentukan arah utara alat. Hal inilah yang menjadi alasan utama untuk melakukan sedikit perubahan.
Pesan Sekarang