Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keselamatan dan Kesehatan dalam pekerjaan Las

Pada pekerjaan pengelasan, bagian bagian tubuh yang perlu diperhatikan keselamatan dan kesehatannya adalah pada bagian indera penglihatan atau mata, alat pernapasan atau paru-paru, dan juga kulit. Salah satu cara untuk melindungi atau menjaga bagian bagian tersebut adalah dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai. 

welder, tukang las, las baja, las listrik
Penyambungan baja menggunakan las

keselamatan dan kesehatan mata, alat pernapasan, serta kulit pada pekerjaan las

Bagian mata sangat rentan terkena radiasi yang dihasilkan dari busur nyala listrik yang berupa sinar ultra ungu dan sinar infra merah dengan intensitas tinggi. Radiasi sinar tersebut dapat merusak retina dan selaput luar mata. jika kerusakan semakin parah tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kebutaan. Hal inilah yang menjadi alasan utama betapa pentingnya melindungi mata pada pekerjaan las. Untuk melindungi mata, alat yang dapat digunakan seperti kaca mata gelap dan juga topeng las. 

Pekerjaan las juga menghasilkan berbagai macam gas yang berbahaya jika terhirup. Apalagi dalam waktu yang panjang, gas yang terhirup tersebut dapat merusak kesehatan alat pernapasan dan meracuni tubuh. Untuk melindungi alat pernapasan, Welder atau tukang las dapat menggunakan masker dan juga menggunakan blower untuk menjaga sirkulasi udara segar di sekitarnya. 

Jika pekerjaan las dilakukan di ruangan terbuka, penggunaan blower dapat ditiadakan. Namun jika dilakukan di ruangan tertutup, apalagi dalam kondisi sempit dan pengap, blower sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan terhadap keselamatan pekerja.

Sedangkan untuk melindungi kulit dari percikan api selama pengelasan dan juga dari radiasi panas yang dihasilkan, Welder dapat menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang yang terbuat dari bahan katun. bahan katun dipilih karena bahan tersebut jika terkena percikan api tidak langsung terbakar atau meleleh seperti-halnya pada bahan sintetis. Untuk memberikan perlindungan yang lebih baik, welder juga dapat menggunakan apron, sarung tangan las, dan juga sepatu safety.

Posting Komentar untuk "Keselamatan dan Kesehatan dalam pekerjaan Las"