Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Unloading/penurunan spun pile dari trailer menggunakan excavator


Excavator merupakan salah satu alat berat yang paling banyak digunakan dalam pekerjaan kontruksi. Mulai dari pekerjaan drainase, irigasi, jalan, jembatan, bahkan untuk pembangunan gedung tidak jarang menggunakan alat excavator, Terutama untuk pekerjaan gali-menggali.

Selain untuk menggali, excavator juga dapat melakukan pekerjaan bongkar muat seperti yang terlihat pada video di atas. Excavator secara perlahan membantu menurunkan tiang pancang (spun pile) dari mobil trailer. Diperlukan kehati-hatian dan keterampilan yang tinggi untuk melakukan pekerjaan ini. Jika terjadi kesalahan dapat membuat spun pile patah atau bahkan membahayakan bagi operator excavator itu sendiri.

Langkah-langkah Unloading/penurunan spun pile dari trailer menggunakan excavator

  • Excavator mendorong bagian ujung dari spun pile secara perlahan hingga ujung lainnya mencapai tanah dengan tetap menjaga tekanan agar spun pile tidak terjatuh secara tiba-tiba.
  • Saat posisi spun pile setengahnya telah berada dibawah, diperlukan satu orang pekerja untuk membantu mengikat ujung spun pile yang berada di atas trailer ke bucket excavator
  • Setelah diikat, excavator perlu mengangkatnya secara perlahan dan membawanya kesisi lain dengan tetap mempertahan posisi ujung spun pile yang lebih dulu menyentuh tanah. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan excavator. 
  • Turunkan spun pile satu persatu jangan pernah mencobanya sekaligus. Spun pile yang berbentuk besar, panjang serta dengan bobot yang berat tentu memerlukan kehati-hatian dan kesabaran dalam penanganannya
  • Ingatlah untuk selalu memperhatikan keselamatan kerja dalam setiap pekerjaan.

Posting Komentar untuk "Langkah Unloading/penurunan spun pile dari trailer menggunakan excavator"