Home » » METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PASANGAN BATU

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PASANGAN BATU

Metode pelaksanaan pekerjaan pasangan batu merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui bersama agar hasil akhir pekerjaan pasangan batu yang dibuat sesuai dengan standar atau spesifikasi yang ada dan terjaga baik kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kumpulengineer akan membagikan bagaimana cara  pelaksanaan pekerjaan pasangan batu yang baik.

PASANGAN BATU PONDASI, PAS. BATU TPT, penahan tanah, cara membuat tpt, siring jalan

Metode pelaksanaan pekerjaan pasangan batu:

  • Tahap persiapan
  1. Pelaksanaan pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank
  2. Pembersihan lokasi pekerjaan
  3. Pengadaan bahan material pekerjaan pasangan batu seperti batu, pasir, dan semen ke lokasi pekerjaan. Bahan yang digunakan harus sesuai dengan yang disyaratkan.
  4. Bahan material ditempatkan tidak jauh dan mudah dijangkau dari lokasi pekerjaan. 
  5. Jika diperlukan perlu disiapkan tempat penyimpanan khusus untuk bahan tau material, terutama untuk bahan semen agar penyimpanan semen dapat dilakukan dengan benar.
  • Tahap pelaksanaan
  1. Pembuatan galian untuk pasangan batu sesuai dengan yang ditunjukkan oleh gambar rencana. Pekerjaan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan alat berat untuk menggali seperti excavator.
  2. Dasar galian dibuat rata dan diberi landasan dari adukan semen dengan pasir setebal minimal 3 cm sebelum meletakkan batu pada lapisan yang pertama.
  3. Batu dengan ukuran yang besar diletakkan pada lapisan dasar atau lapisan yang pertama dan pada sudut sudut dari pasangan batu tersebut.
  4. Batu dipasang dengan muka terpanjang secara mendatar dan untuk muka batu yang tampak atau berada paling luar dipasang sejajar dengan muka dinding batu yang terpasang.
  5. Batu yang digunakan dibersihkan dan dibasahi sampai merata selama beberapa saat agar air dapat meresap
  6. Setiap rongga atau celah antar batu diisi dengan bahan adukan dari semen dan pasir sesuai dengan komposisi campuran yang ditentukan. Bahan adukan atau mortar dapat disiapkan menggunakan alat concrete mixer atau secara manual. Untuk mengetahui jumlah kebutuhan pasir dan semen anda dapat mengunjungi artikel lain mengenai cara mengetahui jumlah kebutuhan batu, pasir, dan semen untuk pasangan batu.
  7. Setiap 2 meter dari panjang pasangan batu dibuat lubang sulingan. Kecuali ditentukan lain oleh gambar atau direksi pekerjaan. Lubang sulingan dapat dibuat dengan memasang pipa pvc yang berdiameter 50 mm.
  8. Setiap sambungan antar batu pada permukaan dikerjakan hampir rata dengan permukaan pekerjaan tetapi tidak menutup permukaan batu
  • Tahap pekerjaan akhir / finishing
  1. Pembersihan lokasi pekerjaan dari sisa sisa material pelaksanaan.
  2. Jika diperlukan permukaan pasangan batu dapat diberi lapisan acian untuk memperhalus permukaan dari pasangan batu.
Demikianlah metode pelaksanaan pekerjaan pasangan batu yang dapat kami uraikan. yang perlu kita garis bawahi bersama adalah, setiap pelaksanaan konstruksi memiliki karakteristiknya masing masing. sehingga, perbedaan lokasi, jenis pekerjaan, serta bahan yang digunakan dapat mempengaruhi metode pelaksanaan pekerjaan. 

0 komentar: