Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Foto 0% atau foto %0?

foto kondisi pekerjaan 0%, awal proyek
Foto 0% atau foto %0?

Sudah menjadi hal yang biasa dalam suatu pekerjaan atau proyek untuk melalukan dokumentasi, Baik itu berupa foto maupun video. Dokumentasi pekerjaan sangat penting keberadaannya sebagai bukti dari pelaksanaan suatu pekerjaan.

Dokumentasi foto yang paling krusial (penting) adalah pada saat sebelum pekerjaan dimulai atau kondisi 0%. Begitu kita terlewat atau lupa untuk mengambil foto 0%, sedangkan pekerjaan telah dimulai, maka tak ada lagi yang bisa dilakukan. 

Kondisi lapangan telah berubah dan tidak bisa dikembalikan lagi. Kita tidak dapat lagi mendapatkan foto 0% seperti yang diinginkan. Yang ada mungkin hanya "SEADANYA". 

Jika tidak bisa "seadanya" maka alternatif selanjutnya adalah menggunakan "MISTIS". Dengan teknik rekayasa yang tidak perlu disebutkan lagi dan tidak pantas dilakukan. Kecuali dalam kondisi terpaksa. 😆...

Seandainya anda saat ini memerlukan foto 0% untuk melengkapi laporan. Anda tidak mempunyai foto tersebut. Kemudian anda memintanya kepada rekan anda yang ada dilapangan atau proyek. 

Ternyata foto %0 seperti diatas yang dikirimkan ke anda. Sedangkan untuk mengambil foto ulang sudah tidak memungkinkan lagi. Kira kira apa yang akan anda lakukan ?

A. Pasrah dengan keadaan dan tetap memakai foto yang ada

B. Edit foto

Jika jawaban anda adalah B. Maka kesimpulannya: Foto editing adalah salah satu keterampilan yang juga diperlukan oleh anak teknik. Setuju?
Pesan Sekarang